11.5.17

Wisata Religi Gresik




Halo guys.... Ketemu lagi sama gue di postingan GJ yang selanjutnya. Kali ini gue mau nyeritain pengalaman gue waktu ziarah makam sunan di Gresik. Jadi begini.....

Pada jaman dahulu kala, hiduplah seorang pangeran..... Wait !? Dongeng ???? Salah-salah bukan begitu ceritanya. Jadi gini, waktu gue search tentang tempat wisata dekat Surabaya keluar hasil tentang pulau Bawean, yaitu sebuah pulau di sebelah utara kabupaten Gresik. Jadilah gue rencana untuk ke sana. Tapi karena waktu itu gue masih pemula gue cuman sekedar "kepikiran"  tanpa ada planning yang matang. Alhasil pukul 08.30 gue berangkat ke pelabuhan Gresik dari arah Surabaya. Jarak yang ditempuh agak jauh sekitar 1 jam lah. Sesampainya di pelabuhan, gue langsung menuju loket tiket. Dan..... Jeng jeng jeng no ship today !? Lucu banget, tanpa ada rencana nekat banget. Kapal angkutan biasa berangkat hari jumat pukul 09.00 pagi (sepeda motor bisa naik). Kalau Sabtu Minggu itu kapal penumpang biasa.
Pelabuhan Gresik

Selfie dulu meski gagal berangkat
Sempat bingung tapi akhirnya gue putuskan untuk keliling saja kota Gresik, kan di sini juga banyak tempat wisata. Pilihan gue jatuh ke Makam Sunan Giri dan Sunan Gresik yang ada di sini. Gue bukan seorang muslim tapi sekedar mengenal dan menghormati agama lain, menurut gue itu yang namanya toleransi beragama. Mantap !? Makam Sunan Giri maupun Sunan Gresik selalu ramai dikunjungi penziarah apalagi pas musim liburan puhhh..... selalu penuh, sesak dan macet. Di sekitar kompleks Makam Sunan Giri banyak terdapat makam-makam suci lainnya loh, mungkin boleh juga mampir untuk berziarah. Setelah puas berkunjung ke Gresik gue sempatin  diri untuk makan terlebih dahulu. Makanan khas kota Gresik yang terkenal yaitu Sego Krawu. Yap, nasi dengan  lauk krengsengan daging sapi yang atasnya diberi serundeng dan sambel. Mamamia Lezatos.... 😋!?

Sego Krawu, bikin ngiler
Well, segini dulu deh cerita gue kali ini. Kalo gue ada kesempatan gue akan sharing pengalaman gue yang selanjutnya. Mohon maklum ya, soalnya authornya lagi sibuk berat 😳


Salam Travel,
N.B Kok ceritanya pendek ??? Iya lah ini pengalaman gue sudah sekitar 8 bulan yang lalu, jadinya lupa-lupa ingat, kayak lirik lagu band Kuburan : "Aku ingat-ingat cuman ingat kuncinya." Peace ✌

Makam Sunan Giri

Makam Maulana Malik Ibrahim