29.5.17

Sate Klopo "Ondomohen", Kuliner Khas Kota Pahlawan

Surabaya !? Kota besar di Jawa Timur yang menyimpan banyak sejarah dan tempat wisata unik. Tapi kali ini gue bukan mau cerita tentang sejarah atau pun tempat wisata di Surabaya. Meski banyak tempat wisata seperti Tugu Pahlawan, Kenjeran Park, Monumen Kapal Selam dan banyak lagi deh yang menarik perhatian. Gue mau bahas mengenai wisata kuliner kota Surabaya.

Kuliner khas kota Pahlawan ini terletak di jalan Ondomohen. Mungkin bagi yang bukan orang Surabaya agak bingung dengan kata tersebut. Ondomohen !? Nang endi ? Namun bagi warga asli Surabaya sudah tak bingung lagi. Ondomohen adalah salah satu nama jalan di Surabaya yang sudah berganti nama menjadi jalan Walikota Mustajab. Gak perlu susah-susah untuk menemukan jalan ini. Cukup ikutilah arah petunjuk jalan menuju Balai Kota atau Stasiun Gubeng Baru. Sobat Cireng pasti melewati jalan ini.
Tampak depan lokasi Sate Klopo Ondomohen
Cobalah mampir ke Sate Klopo Ondomohen. Hanya satu-satunya karena gak buka cabang loh !? Soalnya gak ada cabang, terkadang Sate Klopo Ondomohen sangat ramai dikunjungi. Ada beberapa pilihan sate dimulai dari sapi, ayam, udang, sum-sum dan usus. Kelapa yang sudah disangrai diberi bumbu lalu dicampur dengan daging dan dibakar. Setelah matang akan dihidangkan dengan bumbu sate pada umumnya yaitu bumbu kacang dengan irisan bawang dan cabe merah (bukan cabe-cabean). Yang membedakan dengan sate pada umumnya, yaitu daging sate yang dipotong gedhe-gedhe dan tekstur yang lembut serta gurih.
Tempat pesan dan bayar sate
Sate Klopo Ondomohen ini didirikan oleh Ibu Asih yang sekarang sudah lanjut usia. Saat gue kesana, yang gue dapat adalah suasana yang kental dengan Madura (banyak yang ngomong Madura), memang sate Madura terkenal enak loh. Selain itu di sekitar dinding juga banyak foto Ibu Asih dengan pelanggan selebritis. Gue kira cuman narsis doang. Sama kayak author #Sama-SamaNarsis. Untuk harga sate sendiri waktu gue kesana, gue pesan sate ayam 5 tusuk, sate daging 5 tusuk, nasi dan es teh menghabiskan 35 ribu. Jadi kesimpulan gue, satu porsi sate (10 tusuk) sekitar 20  ribu sampai 25 ribuan. Lumayanlah kalo dibilang makan di kota besar, masih tergolong harga rata-rata.


So, kapan mau kesini sobat  Cireng. Jika sobat nanti berkunjung ke Surabaya entah untuk liburan atau acara lainnya. Jangan lupa mampir ke kedai Sate Klopo Ondomohen ya.
Lezatnya sampai termehek-mehek

Salam Travel,
N.B Sudah lama gak update ya. Jadi gini gue baru beli kamera DSLR tapi gak ada USB jadi sekarang masih berusaha nyari USB-nya di sekitar Surabaya. Emang gue rada gaptek, tapi jangan lupa tunggu terus update blog gue ya.