13.5.17

"Green Canyon" Asli Indonesia


Hellouw..... Ketemu terus nih bareng gue. Kangen ya ? Iyalah author emang kangenin, kayak mantan. Ups..... banyak yang jomblo !?

Post gue kali ini, mengenai perjalanan gue ke Jombang, Jawa Timur. Pengalaman gue ini masih fresh loh, bake from the oven. Soalnya baru kemarin gue pergi ke Jombang.
Perjalanan ini dimulai hari Kamis pagi, berangkat pukul 09.00. Jarak yang ditempuh lumayan jauh kurang lebih 2 jam lamanya. Jujur, gue baru pertama kali keliling Jombang sendiri, jadilah gue pake senjata ampuh gue. Yaps, google map, lumayan buat navigasi arah biar gak tersesat. Dari arah Surabaya harus melalui bypass hingga perbatasan Mojokerto ikutilah arah jalan menuju Ploso, Jombang. Jalan raya ini mengikuti liak-liuk sungai Brantas. Sesekali tampak dari jalan raya aliran sungai yang begitu deras. 
Setelah melewati kecamatan Ngusikan dan kecamatan Kudu, sampailah di kecamatan Ploso, kecamatan ini merupakan perbatasan antara Jombang-Lamongan sehingga ramai kendaraan lalu lalang. Apalagi jembatan Ploso masih dalam perbaikan sehingga kendaraan yang melintas agak terhambat. Harap hati-hati ya. Tapi hal ini gak mengganggu perjalanan gue. Lanjutkan aja ngikutin arah sungai Brantas hingga tiba di kecamatan Plandaan. Lah... harus konsen disini. Minum air Aq** dulu biar fokus. Soalnya pertigaan ke arah Kedung Cinet terletak di sebelah polsek Plandaan, dengan tanda jalan menunjukan kantor kecamatan Plandaan.
Lah.... kalo sudah berhasil belok. Congratulation !!! Kalo belum berarti kurang fokus. Sebenernya lurus depan masih ada jalan juga, dekat perbatasan Jombang-Nganjuk sebelum jembatan belok ke arah kanan, jalannya warna putih bukan aspal. Ikutin terus aja, hanya ada satu jalan. Kalo nyasar, kebacut !!! Jalan berwarna putih (gak tau terbuat dari bahan apa)  terkadang juga ada aspal sedikit. Jalan pedesaan membuat hati tenang emang ya. Kanan kiri sawah dan pepohonan sejuk banget. Terus lurus hingga sampai di desa Klitih. Dari sini coba liat ada petunjuk arah setiap persimpangan ke Kedung Cinet. Kembali saran gue, minum dulu biar fokus ya !!!


Jembatan gantung, pelan-pelan ya...

Sebelum sampai Kedung Cinet, di desa ini terdapat jembatan gantung loh. Lumayan buat spot selfie. Dari sini nyebrangnya harus gantian ya soalnya hanya cukup  satu sepeda motor dengan berat maksimal 5 sepeda motor. Kalo bawa mobil bisa diparkir di rumah warga, tapi jalannya lumayan jauh loh, rekomendasi gue mending bawa sepeda motor aja. Setelah menyeberang jembatan, jalan dilanjutkan dengan jalan batu-batu. Harus extra hati-hati karena bisa licin saat hujan. Untungnya gak jauh sudah tampak gerbang wisata Kedung Cinet. Sepeda motor bisa diparkir di dekat gerbang masuk dengan harga Rp 5.000. Perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 30 m, kita bisa menyaksikan keindahan alam dan sekalian bisa foto-foto sebelum sampai Kedung Cinet.


Gerbang masuknya

Kedung Cinet sendiri merupakan wisata alam bernuansa sungai jernih yang ada ditengah hutan. Yang menjadi daya tarik dari sungai ini  adalah tepi sungai yang indah dan terbentuk dari batuan kapur seperti Grand Canyon. Hingga Kedung Cinet sendiri disebut-sebut sebagai "Green canyon" milik Indonesia. Bahkan di google map juga ditulis Green Canyon Kedung Cinet coba aja kalo gak percaya. Di sini pengunjung bisa  bermain air, karena air sungai yang tidak terlalu dalam tetapi harus tetap hati-hati. Soalnya batu kali yang licin bisa membuat kita terpeleset. Selain itu, para manusia alay juga bisa memanjakan diri dengan ber-selfie ria. Banyak spot selfie yang kece loh.


Diriku ber-selfie ria

Setelah puas mampir di Kedung Cinet Jombang, tak lengkap kalo belum mencoba kuliner kota Jombang. Banyak pilihan kuliner, tapi pilihan gue jatuh ke warung bebek sagu. Warung ini sudah terkenal dan banyak cabangnya loh di sekitar kabupaten Jombang. Selain itu, jangan lupa bawa oleh-oleh. Jajanan khas kota Jombang yaitu kue banjar dan madu mongso. 



Bebek sagu, lezatnya.....

Jangan lupa oleh-oleh

Tak terasa sudah 10 menit gue menemani pemirsa sekalian pada episode kali ini. Maka dari itu gue mohon pamit dan minta maaf apabila ada kata yang kurang berkenan di hati pemirsa sekalian. Selamat siang dan selamat beraktifitas.



Salam Travel,

N.B Nyoba sok-sokan jadi pembawa acara di TV biar eksis, oh ya.. klik di sini untuk videonya Kedung Cinet