1.6.17

Bebek Songkem VS Bebek Sinjay

Untuk mengawali bulan Juni 2017, gue mau ucapkan selamat hari Pancasila ya. Bangsa Indonesia merupakan bangsa besar yang terkenal akan budaya yang beragam. Maka dari itu, postingan kali ini gue mau bahas mengenai salah satu keberagaman Indonesia yaitu pulau Madura.

Pulau Madura sendiri terletak di sebelah timur laut provinsi Jawa Timur. Bisa diakses melalui jalan darat dengan icon yang terkenal yaitu jembatan Suramadu. Sebenarnya banyak juga tempat wisata di Madura yang eksis, tapi karena file gambarnya masih RAW dan gue GAPTEK jadinya mau bahas seputar kuliner dulu ya.

Pulau Madura memiliki beberapa kuliner khas yang terletak di jalan raya Ketengan, Bangkalan. Jika sobat cireng berangkat melalui jalan darat, setelah menyeberangi jembatan Suramadu terus lurus ikutin jalan. Sampai di pertigaan lampu merah, beloklah ke kiri arah Bangkalan. Gak perlu susah-susah karena wisata kuliner yang sobat cireng tuju terletak di jalan raya, yaitu bebek songkem dan bebek sinjay. Dua macam masakan bebek khas Madura yang dimasak berbeda dengan cita rasa yang sama enaknya. Tapi apa perbedaan keduanya ?

Bebek Songkem VS Bebek Sinjay

Info terlebih dahulu sebelum melanjutkan membaca, foto sebelah kiri merupakan foto untuk Bebek Sinjay sedangkan sebelah kanan merupakan foto Bebek Songkem.

Akses Jalan

  • Bebek sinjay terletak di jalan raya ketengan nomor 45.
  • Bebek songkem terletak di jalan raya ketengan nomor 85.
  • Hanya berbeda sedikit letaknya, dan tak perlu susah-susah mencari keduanya cukup arahkan kendaraan sobat cireng ke arah Bangkalan.

Harga Seporsi

  • Bebek sinjay seporsi ikan bebek + nasi + es teh dipatok harga 25 ribu rupiah, jika hanya memesan ikan bebek dipatok harga 18 ribu saja.
  • Bebek songkem berbeda, seporsi dipatok harga Rp. 21.500 nasi dan ikan bebek ditambah es teh 3 ribu jadi total Rp. 24.500 tapi sering dibulatkan oleh kasir jadi Rp 25.000. Pengalaman gue kesana beli ikan bebek tanpa nasi. Jelas-jelas harga yang tertera Rp 18.500 waktu gue kasih uang Rp 20.000 hanya diberi kembalian seribu rupiah padahal nota tetap Rp 18.500. 
  • Jadi kesimpulan gue sendiri, harga masih sama.


Suasana

  • Bebek sinjay ramai dikunjungi dan waktu gue kesana hampir gak ada tempat duduk. Mungkin bebek sinjay ini sudah banyak dikenal orang.
  • Bebek songkem tidak seramai bebek sinjay, waktu gue kesini masih banyak tempat kosong.
  • Jelas lebih terkenal bebek sinjay daripada bebek songkem.

Pelayanan dan Pemesanan

  • Bebek sinjay memesan dengan metode langsung bayar, setelah membayar di kasir pengambilan makanan dibagi menjadi beberapa tempat. Tempat ambil minum, tempat ambil makan bagi yang dimakan langsung, dan tempat ambil bagi yang dibawa pulang. Antri berdasarkan nomor nota di pos masing-masing. Menurut gue pelayanannya lama, sering ditinggal ngomong-ngomong dan teleponan. 
  • Bebek songkem juga menggunakan metode bayar dulu, tapi kasir mencatat nama di nota dan kita tinggal duduk. Tak berapa lama nama gue sudah dipanggil.
  • Menurut gue pribadi pelayanan lebih cepat untuk bebek songkem, sedangkan bebek sinjay lama nunggunya. Mungkin karena ramai ? Gak tau ah !?

Cita Rasa

  • Bebek sinjay digoreng hingga matang lalu diberi kremesan seperti protolan tulang dan daging kecil, tapi gurih dan nikmat. Diberi timun dan sambal pencit yang menurut gue lebih ke arah pedas daripada kecut. Sayangnya, bebek goreng ini ya taulan sendiri #berminyak #kolesterol begitulah.
  • Bebek songkem mempunyai banyak masakan bebek bisa digoreng, dibakar atau dikukus. Jelas yang terkenal adalah bebek kukus. Bebek ini dikukus dengan daun pisang tanpa air hingga matang. Diberi timun dan sambal pencit tapi rasanya lebih kecut daripada bebet sinjay. 
  • Memang bebek kukus songkem lebih sehat dibanding bebek sinjay, tapi kok gue lebih enak yang bebek sinjay ya ? Siap-siap kolesterol naik nih !?



Penilaian Keseluruhan

Memang hal ini tergantung dari penilaian masing-masing individu tapi bolehlah kalau gue ngasih nilai juga.

                Bebek Sinjay                                       Bebek Songkem

Suasana     🌟🌟🌟⭐⭐                                                  ðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸ⭐⭐
Pelayanan  ðŸŒŸðŸŒŸ⭐⭐⭐                                                  ðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸ⭐
Harga          ðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸ⭐⭐                                                  ðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸ⭐⭐
Cita Rasa    ðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸ⭐                                                  ðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸ⭐⭐

Salam Travel,


N.B Padahal foto kuliner bebek sinjay vs bebek songkem gue ikutin lomba di instagram tapi masih belum beruntung, masih amatiran. Banyak yang harus diperbaiki dan dikembangkan untuk kedepannya. Semoga masih bisa terus maju. Amin.......