15.10.17

Malaysia - Singapore by Bus

Cara backpacker satu ini sangat rekomend bagi kalian sobat cireng yang ingin travelling dengan budget lebih murah. Memang cara darat lebih murah tapi juga agak ribet. Kalo gak pengen susah-susah ya naik pesawat aja. Tapi kali ini gue ingin membagi pengalaman gue waktu menyeberang Malaysia - Singapore dengan jalan darat.

Pertama yang harus diingat adalah siapkan uang pas yaitu uang receh. Bagi yang tukar dengan uang besar pasti kesulitan karena harga tiket bus itu sekitar 3 ringgit 30 sen. Pengalaman gue gak bawa uang receh jadinya bayar pas 4 orang = 14 ringgit, per orang = 3 ringgit 50 sen. Yo wes amal ibadah diterima di surga.

Woodsland CP, menunggu antrian bis.


Malaysia - Singapore

Oke pertama akan gue bahas mengenai perjalanan dari Malaysia ke Singapore. Kuala Lumpur sendiri memiliki terminal bis yang bernama Terminal Bersepadu Selatan (TBS). Lah bagi yang mau kemana-mana lewat darat ya TBS ini pusatnya. Dari dalam sudah banyak counter tiket dan sudah banyak orang antri bisa-bisa sampai 1 jam. Cara lain tentu saja dengan booking online lewat situs booking.com. Pengalaman gue pas itu hari raya Idul Fitri dan banyak sekali orang yang mau pulang kampung jadi hadeh.... antrinya panjang bener. Akhirnya gue naik taksi ke Johor Bahru karena rencana mau ke Legoland. Harga taksi dari Kuala Lumpur ke Johor Bahru sekitar 300 - 320 ringgit. Mahal ya, coba hitung 300 x 3.000 = 900.000 wow....

Komputer Infromasi di TBS
Dari Johor Bahru pergilah ke bangunan namanya Sultan Iskandar, itu bangunan pengecekan paspor. Jalannya memang berliku-liku dan naik turun. Jangan kaget kalo sobat cireng merasa berputar-putar karena memang begitu agar tidak macet antriannya. Ikutin aja orang-orang menuju kemana dan jangan lupa bertanya sama satpam yang jaga. Lucunya orang-orang disini sudah seakan sering sekali keluar masuk Malaysia jadinya mereka jalan cepet banget. Hampir 2x lipat kecepatan gue. 

Ramai banget...... @ TBS Malaysia
Sesampainya di antrian, antrilah sesuai paspor sobat. Diatas counter sudah ada tulisan paspor Malaysia, SEA atau all paspor. Soalnya Indonesia maka antri di SEA paspor lebih cepat daripada all paspor. Setelah dicap perjalanan masih belum selesai. Gue turun tangga dan disitu banyak bis yang menuju Singapore. Gue kan bingung tuh. Gue tanya satpam yang jaga, tapi mereka juga gak ngasih jawaban yang jelas. Gue tanya bis mana yang turun di Queens Street eh jawabannya semua bis. Aneh lah !? Sebenernya semua bis itu menuju Singapore hanya beda tempat turunnya. Bis yang gue sarankan adalah bis CW (Causeway Link) bisnya warna kuning. Letaknya dari tangga menyeberang ke depan liat aja nanti ada antrian panjang, itu bisnya. Harga tiket Johor Bahru - Queens Street itu 3 ringgit 30 sen. 

Setelah naik bis sudah sedikit lega, padahal nanti masih melewati Woodlands Checkpoint. Disini diharuskan gerak cepat. Jangan lupa simpan tiket bis baik-baik. Pertama jangan lupa di Woodlands CP isilah data pengunjung ada di meja sebelum counter pengecekan paspor. Isinya mengenai data diri dan alamat tinggal di Singapore. Setelah mengisi baru antri ya.... Saat mengecek paspor gue dan koko gue, kita berdua diharuskan ke kantor dulu. Why ??? Jujur gue kurang paham kenapa pokoknya semua anak-anak dan remaja harus ke kantor dulu jika baru pertama kali ke Singapore. Berbeda dengan papa dan mama gue mereka langsung lolos tanpa ke kantor.


Di kantor sendiri kita naik lift, sampai diatas kita antri bersama anak-anak lain. Disini kita ditanya mengenai alamat tinggal dan tujuan ke Singapore. Ya jawab jujur aja. Untungnya gue gak harus sampai interview, soalnya ada beberapa yang masuk ke dalam dan ikut wawancara. Lumayan lama sih di dalam kantor ini setelah ditanya-tanya kita juga harus cap jempol. Sukses, barulah kita diijinkan turun lagi dan bergabung dengan keluarga kita. Sorry banget sobat.... disini dilarang ambil foto jadinya gue gak punya filenya.

Setelah melewati pengecekan X-ray disini akan ada tangga. Sampai dibawah tangga jangan lurus karena itu antrian bis untuk bis pariwisata. Bis umum antriannya ada di belakang tangga jadi memutarlah ke belakang. Disini sudah ada antrian bis CW yang tadi. Jangan lupa naik CW 2 itu tujuan Queens Street. Jika CW 1 tujuan Kranji dan CW 5 tujuan Little India. Kalo sudah naik bis berarti sudah tenang. Welcome to Singapore, sobat cireng akan diturunkan di terminal kecil tengah kota Singapore di jalan Queens Street.

Singapore - Malaysia

Jika dari Singapore gue dan sekeluarga mencoba hal beda. Terminal yang biasa ramai di Singapore itu Golden Mile Complex, banyak bis yang berangkat dari sini. Meskipun gak pesan online tenang aja karena disini banyak counter yang jual tiket bis. Pilihan gue jatuh ke Starmart Express, pas itu ada diskon 10 $ per orang jadi 4 orang 40 $ murah lah itu. Starmart express ini juga banyak jam nya. Kita berangkat dari Golden Mile Tower sebelahan kok bangunannya. Pukul 13.00 tepat kita berangkat. Oh ya... di tiket perhatikan nomor bis kalian. Ada 2 nomor bis, yang pertama untuk bis di Singapore dan bawahnya kita oper bis saat di CP (checkpoint) Malaysia.


Kita sudah gak melewati Woodlands CP tapi melewati Tuas CP. Disini kita harus bergerak cepat karena kita belum oper bis. Pas gue masuk, petugasnya teriak "Malaysia, Indonesia, Phillipine use auto pass". Langsung aja keluarga gue menuju auto pass tinggal scan paspor langsung pintu terbuka sendiri tanpa perlu orang yang ngecap paspor kita. Pas keluar bisnya masih belum parkir, ya maklum lah wong antriannya panjang banget. Disini kita naik bis semula yang tadi, dan kita harus tunggu hingga orang lengkap. Ada pasangan Malaysia yang lama banget hingga 1 jam baru masuk bis. Saat ditanya ternyata mereka menggunakan jalur biasa. Ya elah masa ndeso neh nemen. (Dibawah nih fotonya waktu di Tuas CP).


Setelah melewati CP Singapore kita akan sampai di Malaysia. Di CP Malaysia kita diturunkan di depan pintu masuk dan kita antri di pengecekan manual kecuali warga Malaysia bisa menggunakan auto pass. Kita antri sekitar 1 jam loh. Capek juga ya. Setelah selesai mengecek paspor, segeralah menuju parkiran karena disana sudah ada bis yang menunggu. Jangan salah masuk bis. Baca baik-baik nomor bisnya. Setelah penuh dengan penumpang (tempat duduknya pun masih sama) kita pun berangkat.

Perjalanan Singapore-Malaysia bosen banget soalnya jalanan berupa rumput-rumput jadi gak ada pemandangannya. Di tengah perjalanan kita juga sempat mampir Rest Area sejenak melepas lelah. Disini selain untuk buang air kecil juga menyediakan makanan dan oleh-oleh. Setelah puas berbelanja kita pun melanjutkan perjalanan hingga Kuala Lumpur. 

I Love BTSKL........
Saat berada di Kuala Lumpur pintar-pintarlah menentukan tempat pemberhentian, dikarenakan ada 2 tempat pemberhentian. Yang pertama TBS yaitu terminal Kuala Lumpur yang letaknya di selatan kota dan masih agak jauh dari pusat kota. Yang kedua adalah Berjaya Times Square letaknya persis tengah kota Kuala Lumpur dan merupakan pusat perbelanjaan. Banyak toko-toko sekitar sini yang buka hingga dini hari.

Ini loh Berjaya Times Square......
Jadi itu aja sih tips dan pengalaman gue saat menggunakan jalan darat Malaysia-Singapore maupun sebaliknya. Memang agak ribet namun cocok bagi backpacker maupun kalian yang ingin mencoba sensasi berbeda.

Salam Travel,