6.7.17

Ayam BT2 (Betutu) Gilimanuk

Ayam olahan khas Gilimanuk ini sudah banyak dikenal orang.  Boleh jadi banyak orang yang sudah tidak asing dan mencicipi makanan tersebut. Penasaran ? Baca ulasannya berikut.


Ayam BT2 namanya. Hah ??? Ayam Be-Tu-Tu maksudnya, ayam yang diolah dengan cita rasa pedas. Selain itu, ayam ini diberi bumbu yang khas hingga siapapun yang mencobanya pasti ketagihan. Jika ingin mencicipi lezatnya ayam betutu segera pergi ke Bali yuk.  Meskipun sekarang sudah banyak rumah makan di pulau Jawa yang menyediakan ayam betutu, namun tak enak rasanya jika tak mencicipi langsung dari daerah asalnya. Ayam betutu khas Gilimanuk ini sudah banyak cabangnya. Tinggal cari aja di google map yang paling dekat dengan lokasi sobat cireng.


Rumah makan ayam betutu khas Gilimanuk ini dibuka dari pukul 08.00 hingga 21.00. Pengalaman gue kesana mepet banget. Pukul 21.00 baru sampe lokasi untungnya rumah makan masih buka tapi harus dibungkus. Ya akhirnya ayam betutu dibawa untuk dimakan di hotel. Seekor ayam betutu dihargai Rp.  86.000 jika ingin setengah ekor cukup membayar Rp. 46.000 belum pajak 10% loh ya. Ada 2 macam ayam betutu, yang goreng dan yang kuah. Sama-sama enak kok. Tapi gue lebih suka yang kuah, bumbunya lebih terasa kuat dan meresap di dagingnya.



Selain ayam betutu di rumah makan ini juga menyediakan masakan lain olahan ayam atau pun bebek. Namun yang ditonjolkan jelas ayam betutu khas Gilimanuk-nya. Simbol rumah makan ini unik yaitu "Si ndut dolar". Sapa itu ??? Gue aja gak tau. Menurut yang gue baca Petruk Dolar ini merupakan tokoh lawakan tradisional rakyat Bali. Sudah banyak pertunjukan sekitar Nusa Dua yang menampilkan lawakan ini. Btw, gue belum liat juga jadi gak bisa cerita panjang lebar. Kalo ada kesempatan lain waktu deh.

Ayam betutu khas Gilimanuk merupakan makanan dari pulau Bali yang gak boleh terlewat. Apalagi pas liburan jika berkunjung ke Bali untuk menikmati suasana pantai, jangan lupa mencicipi ayam betutu ini.

Alamat ayam betutu khas Gilimanuk

  • Jalan Merdeka no 88 Renon, Denpasar (0361-263464)
  • Jalan Buluh Indah no 51x Denpasar (0361-7407509)
  • Jalan Raya Tuban no 2x Kuta (0361-757535)
  • Jalan Bypass Ngurah Rai no 89 Nusa Dua (08123853232)

Penilian Keseluruhan

Suasana (kenyamanan & pelayanan)          ๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ
Harga (harga makanan & minuman)           ๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž๐Ÿ”ฎ๐Ÿ’ฃ
Keunikan (ciri khas yang menunjang)         ๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž๐ŸŒŸ
Cita rasa (rasa di lidah)                                  ๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž๐ŸŒŸ

Total : 77/100


๐Ÿ’Ž : 5 point
๐Ÿ”ฎ : 3 point
๐ŸŒŸ : 1 point
๐Ÿ’ฃ : 0 point

Salam Travel,