6.8.17

Senggol Lidahmu di Pasar Senggol Gianyar

Gianyar-Bali seakan menjadi daya tarik bagi wisatawan pecinta kuliner di pulau Bali. Pasar senggol namanya. Pasar yang terletak di kabupaten Gianyar Bali ini merupakan salah satu ikon kuliner pulau Bali. Dengan banyaknya pedagang kaki lima yang menjual makanan khas pulau Bali menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yang ingin melancong merasakan kuliner khas Bali.


Sebelumnya pasar senggol semrawut. Disebabkan karena pedagang yang membawa gerobak yang beratapkan terpal sendiri-sendiri. Pasar senggol kini sekarang lebih tertata rapi. Bisa dilihat dari pedagang kaki lima yang berjajar di pinggir jalan dengan namanya masing-masing jadi di depan pedagang kaki lima, jadi ada nama + makanan yang disediakan. Pasar senggol ini juga diberi kanopi yang berfungsi untuk menghalau hujan. Parkir untuk sepeda motor pun telah tersedia.


Makanan yang disediakan tentunya adalah makanan tradisional khas pulau Bali, dari ayam betutu hingga babi guling. Tapi kebanyakan di pinggir jalan yang dijajakan adalah ayam betutunya. Sedangkan di dalam pasar sendiri (seberang jalan) lebih banyak babi gulingnya. Sebenarnya gue sudah nyicip ayam betutu khas Gilimanuk yang terkenal itu, jadinya gue pesen babi gulingnya.


Seporsi babi guling waktu itu dihargai sekitar Rp.25 ribu. Kesan pertama gue : Wow ! Segala jenis olahan babi diletakkan di atas piring. Dalam piring terdapat daging babi (jelaslah), kulit babi yang keras banget lemaknya masih nempel dikulitnya. Waktu dimakan pun keras lebih keras dari piringnya kali. Lalu ada rambak babi, jeroan babi, sate babi, pokoknya serba babi. Which is ? Sangat tidak halal. Namun bagi pecinta kuliner non Muslim mungkin cocok dengan kuliner satu ini.


Selain kuliner, di pasar senggol juga terdapat pedagang yang menjual souvenir Bali seperti baju dan gantungan kunci. Harga ? Kurang tau soalnya ke sini cuman berburu kulinernya aja. Jika penasaran letak pedagang yang menjual souvenir Bali ini ada di dalam pasar senggol. Masuklah di gapura yang bertuliskan "Pasar Umum Gianyar" di situ banyak pedagang kaki limanya. Oh iya .... hampir lupa, kalo berkunjung ke sini jangan pagi-pagi ya. Soalnya pasar senggol ini baru dibuka pukul 13.00 hingga 00.00 dini hari loh.


Pasar senggol kini telah menjadi ikon kuliner kabupaten Gianyar. Jadi yang ingin berburu kuliner bolehlah melancong ke pasar senggol Gianyar.

Penilian Keseluruhan

Suasana (kenyamanan & pelayanan)          

💎💎💎💎💣
Harga (harga makanan & minuman)           

💎💎💎💣💣
Keunikan (ciri khas yang menunjang)         

💎💎💎💎💣
Cita rasa (rasa di lidah)                                  

💎💎💎🔮💣

Total : 73/100


💎 : 5 point
🔮 : 3 point
🌟 : 1 point
💣 : 0 point

Salam Travel,