20.8.17

Jember Fashion Carnaval ke-16


Jember kembali akan menggelar Jember Fashion Carnaval atau JFC yang ke-16. Festival ini akan dimulai dari tanggal 9 Agustus 2017 dan akan diakhiri dengan puncak acara (Grand Carnaval) pada 13 Agustus 2017 yang lalu. Tema JFC kali ini yaitu "Victory". Kemenangan Indonesia di tingkat dunia yang telah banyak menjadi sorotan, akan ditampilkan pada event bergengsi tahun ini. Sudah saatnya karena kemenangan Indonesia tersebut sudah mengharumkan nama Indonesia.

Sepuluh tema yang ditampilkan pada event kali ini sangat memukau dan membius para penonton. Beberapa tema tersebut antara lain :
  • Sriwijaya Empire
  • Bali
  • King of Papua
  • Mystical Toraja
  • Siger Crown Lampung
  • Borneo
  • Chronicle of Borobudur
  • Mythical Toraja
  • Wonderful of Betawi
  • Unity in Diversity
Sepuluh tema inilah yang membuat decak kagum penonton. Seperti yang kita tahu Indonesia kaya akan budaya yang beragam maka dari itu dipilihlah sepuluh tema diatas untuk mewakili pesona Indonesia.


"Wadah karnaval budaya yang difasilitasi oleh kementrian pariwisata (Kemenpar) telah ikut serta semenjak JFC 2014 silam dengan mengangkat tema WACI (Wonderful Archipelago Carnaval Indonesia). Tema ini diharapkan dapat mengembangkan daerah lain untuk turut berpartisipasi dalam karnaval ini. Dapat dilihat dengan ratusan peserta dari berbagai daerah seperti Situbondo, Bondowoso, dan Kep. Riau yang memperlihatkan kostum mereka.


Karnaval dibuka dengan defile Sriwijaya Empire yang menampilkan busana penuh kemilau keemasan dan menggambarkan kemegahan kerajaan Sriwijaya. Lalu disambung dengan musik penuh nuansa mistik dari defile Mystical Toraja. Tampil berbeda di belakangnya adalah defile Wonderful of Betawi yang memberikan nuansa ceria serta diiringi musik Ondel-Ondel. Tampak juga penampilan Miss Tourism International 2016 Dikna Faradiba dengan kostum Betawi-nya.




Seakan tak mau kalah defile Chronicle of Borobudur menampilkan kemegahan Candi Borobudur lewat kostum mereka. Begitu juga dengan Siger Crown Lampung dengan ratu cantik jelita  yang menaiki kereta kencana diiringi dengan ksatria yang gagah perkasa.



Sementara penampilan lain dari daerah ditampilkan oleh Situbondo, Bondowoso bahkan Kepulauan Riau yang menggambarkan kekhasan daerah masing-masing. Seperti Riau yang menampilkan kostum dengan warna hijau karena cocok dengan daerah hutan yang lebat.


Pada pagelaran kali ini, Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana ikut menyaksikan dan turut hadir si sana. Netizen pun mulai membanjiri media sosial dengan hastag #PesonaJFC2017. Menpar Arief Yahya yakin bahwa Presiden Jokowi puas akan penampilan karnaval kali ini. Dia menjelaskan bahwa nantinya Presiden Republik Indonesia, meminta agar Indonesia mengadakan Indonesia Cultural Carnaval yang menjadi event tahunan dan menjadi pembuka acara ASIAN Games pada 2018 mendatang.



Penilaian 

Akomodasi (transport & akses jalan)
💎💎💎💎💣
Suasana (keindahan tempat)          
💎💎💎💎💣
Harga (tiket masuk & parkir)            
💎💎💎💎💎
Fasilitas (hal yang menunjang)      
💎💎💎💎🔮

Total : 88/100



💎 : 5 point
🔮 : 3 point
🌟 : 1 point
💣 : 0 point

Salam Travel,