27.8.17

Perayaan HUT RI-72 di Berbagai Daerah

Pada tanggal 17 Agustus 2017 kemarin, Indonesia genap berulang tahun kemerdekaannya yang ke-72. Motto yang diambil untuk merayakan 72 tahun Indonesia merdeka adalah "Kerja Bersama". Hal ini menjadi ajakan kepada masyarakat agar merangkul dan mengedepankan asas kebersamaan. Masyarakat diingatkan melalui semboyan ini untuk kembali bersatu dalam perbedaan dan melanjutkan perjuangan menjadi bangsa yang terhormat.


Semarak perayaan HUT RI ke-72 ini dapat kita rasakan di seluruh daerah Indonesia. Wes pasti sobat cireng juga merayakan HUT RI di sekolah, kampung, maupun lingkungan di daerah sobat tinggali. Banyak tempat yang dihias dengan aksesoris merah-putih sebagai simbol bendera negara Indonesia.


Gue pribadi juga sempat beberapa kali terjebak macet (untung pake the power of sapida motor... jreng... jreng... ). Hal ini dikarenakan banyaknya gerak jalan maupun karnaval yang diadakan dalam memperingati kemerdekaan Indonesia.


Ini beberapa pengalaman gue pas perayaan HUT RI ke-72 kemarin :
  • Pada tanggal 12 Agustus 2017 yang lalu, di daerah tempat gue kerja, tepatnya di desa Barengkrajan, kecamatan Krian, kabupaten Sidoarjo, diadakan gerak jalan tingkat SD hingga SMA dan ditambah dengan karang taruna dan masih ditambah ibu-ibu PKK dan lain-lain (kebanyakan dan ini....). Pokoknya meriah..... Garis start berada di desa Sidomojo dan berakhir di desa Tempel. Barisan depan merupakan tingkat SD lalu disusul dengan SMP dan SMA. Setelah itu di belakangnya terdapat barisan gerak jalan dari karang taruna, ibu-ibu PKK, aliran pencak silat, bahkan beberapa cowok yang dandan feminim demi memeriahkan acara. Beberapa lagu penyemangat terkadang terlontar dari mulut peserta. Dari biasa seperti "kiri...kanan...", hingga beberapa lagu iklan susu dan dot bayi. Bahkan ada lagu anak-anak yang liriknya diubah seperti "Minggiro... minggiro.... minggiro...ibu PKK yang mau lewat, ibu'e ayu-ayu, Ibu'e seksi-seksi, sayange wes nduwe putu". Tidak hanya melalui lagu penyemangat, para peserta juga memeriahkan acara dengan kostum lucu dari cowok yang pakai pakaian cewek hingga hantu jadi-jadian. Gerak jalan ini dimulai dari siang sekitar 1 siang hingga menjelang maghrib sekitar 6 sore. Semua peserta terlihat kelelahan namun mereka terlihat antusias dalam memperingati HUT RI ke-72 ini.
  • Pada tanggal 19 Agustus 2017 gue berencana ke Blitar. Semua sudah direncanakan dengan matang ternyata pas hari H dan sudah sampai di kecamatan Ngantang, kabupaten Malang gue terpaksa harus berhenti karena ada karnaval. Ya udah deh namanya rejeki ada di tangan Tuhan. Jadinya gue terpaksa berhenti sejenak dan nonton karnaval ini. Hanya ada sekitar 35 peserta dari beberapa desa di Ngantang. Namun mereka terlihat sangat antusias bahkan anak kecil pun ikut dalam karnaval ini. Yang unik ada satu regu yang menampilkan adat dari Madura dan menari-nari jaranan sambil diiringi lagu " Jaran Goyang". Ada juga regu dengan kostum setan dan ada mobil hias "Buto Ijo". Pokoknya cukup menarik ditonton, apalagi pas di tengah gunung loh ini. Pas lerengnya gunung Kelud, udara cukup sejuk meski saat itu pukul 12.00 haha.... tapi gak kerasa sama sekali...... sejuk, adem, tenang.....
  • Tanggal 19 Agustus 2017, tak hanya di kecamatan Ngantang. Di kecamatan Kesambon, kabupaten Malang juga ada gerak jalan. Satu hal yang unik. Pas itu gue perjalanan balik dan jelas agak macet karena gerak jalan. Sempat gue lihat ada satu regu yang unik yaitu regu "Mummy" dengan badan yang dipenuhi tisu toilet dan di dada mereka ada tulisan seperti "Mummy pesek", Mummy-mummyan", "Mummy ndower", bahkan ada "Mummy bencong". Lucu dan kreatif menurut gue, semoga aja kalian menang. (meski gue gak nontonin, hanya sekedar lewat, ya elah PHP authornya....)
  • Tanggal 19 Agustus 2017, di kecamatan Kandangan, Kediri ada semacam orkes keliling dengan mobil hias dan beberapa orang menggunakan kostum.
  • Tanggal 19 Agustus 2017, di kecamatan Bareng, kabupaten Jombang ada karnaval yang diikuti oleh masyarakat di sana. Jalanan yang sempit membuat jalan macet dan terpaksa gue memutar agak jauh. Tapi antusiasme menyambut HUT RI ini menurut gue patut diacungi jempol....
  • Tanggal 19 Agustus 2017, di desa Penambangan, kecamatan Balongbendo, kabupaten Sidoarjo diadakan lomba meniti bambu. Siapapun boleh mencoba dengan hadiah berupa sepeda gunung.
  • Tanggal 19 Agustus 2017 beberapa daerah juga mengadakan acara-acara lomba seperti panjat jambe, makan kerupuk, balap karung, dan masih banyak lomba-lomba khas 17 Agustusan.
  • Tanggal 26 Agustus 2017, kota Mojokerto mengadakan karnaval.
  • Tanggal 27 Agustus 2017, daerah desa Barengkrajan, Krian, Sidoarjo mengadakan jantung sehat.





Inilah beberapa pengalaman gue waktu merayakan HUT RI ke-72. Seru kan ??? Gue yakin setiap daerah pasti memiliki cerita unik mereka masing-masing. Cerita seru dalam menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia-ku yang tercinta. Love Indonesia........


Jangan lupa tonton video semaraknya perayaan HUT RI-72 (Klik disini)

Salam Travel,