24.9.17

Cicipi Sate Bulayak Yuk !

Masih ingat post yang lalu mengenai kelezatan sate rembiga kan ??? Kali ini masih membahas seputar kuliner pulau Lombok, yaitu sate bulayak. Sate bulayak berbeda dengan sate rembiga. Meskipun sama-sama berasal dari pulau Lombok, perbedaan keduanya terletak pada bumbu yang digunakan serta lontong yang bentuknya unik. Penasaran bukan sobat cireng ? Terus lototin tulisan gue ya.....


Pertama, sobat cireng harus mencicipi bumbunya. Sate bulayak ini berbumbu kacang tanah yang disangrai dan ditumbuk lalu direbus bersama santan dan rempah lainnya sehingga bumbunya agak encer. Berbeda dengan sate rembiga yang bumbunya lebih kering dan langsung menyerap di dagingnya.

Sebenarnya sate ini menggunakan daging sapi dan ayam biasa, jadinya sate ini mirip seperti pulau Jawa ? Huh ? Opo seng bedo terus ? Yang khas dari sate bulayak ini yaitu lontongnya. Jika kebanyakan lontong dibungkus daun pisang, maka sate bulayak ini lontongnya dililit dengan daun aren. Sehingga memakannya dengan membuka lilitan paling atas dan memegang lontong yang bawah. Langsung aja digigit, kreyes.... hmm... rasanya begitu lezat. Ingat ya, makannya tanpa perlu dipotong-potong seperti sate di pulau Jawa. 


Seporsi sate bulayak dibanderol dengan harga sekitar Rp.12.000 hingga Rp.15.000. Penasaran dengan sate bulayak ? Maka tak perlu repot-repot mencarinya karena sate bulayak ini sudah banyak dan seakan menjadi ikon kuliner pulau Lombok. Sobat cireng bisa menemukan sate bulayak di sepanjang jalan Udayana kota Mataram. Di sana sudah banyak pedagang kaki lima yang berjejer menjajakan sate bulayak ini. Tinggal pilih aja yang paling rame dan tempat duduknya berupa lesehan ya.


Hayo... selain mencicipi sate rembiga jangan lupa juga mencicipi sate bulayak. Gue aja kemarin abis dari Lombok ? Kenyang banget, abis makan sate 50 tusuk loh.... Kalo wisata kuliner terus setiap hari, pulangnya bisa-bisa perut buncit. Hehe....

Penilian Keseluruhan

Suasana (kenyamanan & pelayanan)          

💎💎💣💣💣

Harga (harga makanan & minuman)           

💎💎💎💣💣

Keunikan (ciri khas yang menunjang)         

💎💎💎💎🔮
Cita rasa (rasa di lidah)                                  

💎💎💎💎🔮

Total : 71/100


💎 : 5 point
🔮 : 3 point
🌟 : 1 point
💣 : 0 point

Salam Travel,