7.6.17

Wisata Jalan Raya Situbondo-Surabaya

Jika anda pernah melintasi jalan raya dari kabupaten Situbondo hingga Surabaya, anda pasti tidak asing dengan wisata pantai pasir putih. Padahal selain pantai pasir putih ini, masih banyak wisata lain yang bisa dikunjungi karena sama-sama terletak di pinggir jalan raya Situbondo-Surabaya. Apa saja !? Inilah beberapa wisata yang dapat dikunjungi, antara lain :

Pantai Pasir Putih


Mengingat lokasinya yang strategis berada di pinggir jalan raya, pantai ini ramai dikunjungi. Secara administratif, pantai ini terletak di desa Pasir Putih, kecamatan Bungatan, kabupaten Situbondo.
Bagi yang naik kendaraan umum bisa diakses dengan bis antar provinsi jurusan Banyuwangi-Surabaya dan turun di Pasir Putih. Membutuhkan waktu sekitar 4 jam dari kota Surabaya, atau hanya 30 menit dari kota Situbondo. Jika anda ingin bermalam di sekitar sini juga banyak losmen maupun hotel tergantung budget anda sendiri. Tiket masuknya sendiri ke pantai seharga 10 ribu per orang. Banyak juga gerbang pintu masuknya, kira-kira ada 4 pintu masuk.
Gerbang pintu masuk no 2
Pantai pasir putih ini terkenal karena topografi pantai yang landai dan ombak yang tenang. Kegiatan yang populer dilakukan adalah berenang di sekitar pantai. Selain itu kita juga bisa menyewa perahu bagi yang ingin berlayar menyaksikan panorama pinggir pantai, kita juga bisa melihat terumbu karang (airnya jernih loh) melalui kotak kaca. Bagi yang ingin menyelam dan menyaksikan terumbu karang secara langsung  bisa menyewa kapal untuk mengantar kita ke spot khusus untuk menyelam.


Sekitar pantai ini, ada dermaga yang menjorok ke arah laut. Biaya masuknya 2 ribu rupiah, kita bisa ber-selfie ria. Fasilitas yang tersedia antara lain kamar mandi dan mushola, juga terdapat bangku bagi yang ingin bersantai sambil menikmati es kelapa muda. Hmmmmm...seger. Puas bersantai, kita bisa lanjutkan perjalanan menuju Surabaya.

Monumen 1.000 km Anyer-Panarukan


Oh ya, selain itu banyak wisata unik yang bisa dikunjungi di jalan raya Situbondo-Surabaya. Salah satunya adalah monumen 1.000 km Anyer-Panarukan. Monumen ini merupakan saksi bisu kekejaman Belanda terhadap pribumi. Pada saat itu, bangsa Belanda memperkerjakan bangsa pribumi secara paksa untuk membangun jalan raya dari Anyer hingga Panarukan, sampai memakan ribuan korban jiwa. Monumen ini layak dikunjungi bagi kalian yang ingin mengenang sejarah Indonesia.

PLTU Paiton


Secara administratif, PLTU ini terletak di kecamatan Paiton kabupaten Probolinggo (perbatasan Situbondo dan Probolinggo). Saat malam hari anda akan menyaksikan kilauan lampu menyala indah. Bagi yang melewati jalan raya ini, anda harus mampir sejenak karena pemandangan dari PLTU ini tak ada duanya. Mampir itu maksudnya berhenti di pinggir jalan raya loh. Mau ngapain ? Ya untuk berfoto dengan latar belakang lampu PLTU tersebut.
PLTU di kala senja
Inilah wisata yang terletak di jalan raya antara kabupaten Situbondo hingga kota Surabaya. Lumayan bagi yang lagi menempuh perjalanan jauh untuk bersantai sejenak melepas lelah. Dikarenakan akses jalan yang mudah dicapai menjadikan tempat-tempat di atas layak dikunjungi.

Penilaian

                                                                  Pasir Putih          Monumen            PLTU Paiton
Akomodasi (transport/penginapan)   🌟🌟🌟🌟⭐    ðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸ⭐     🌟🌟🌟🌟⭐
Suasana (keindahan pemandangan)  ðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸ⭐⭐    ðŸŒŸðŸŒŸ⭐⭐⭐     🌟🌟🌟⭐⭐
Harga (parkir dan tiket/gratis)             🌟🌟⭐⭐⭐    ðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸ      ðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸ
Fasilitas (tempat santai/foto)              ðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸ⭐    ðŸŒŸðŸŒŸ⭐⭐⭐      ðŸŒŸðŸŒŸ⭐⭐⭐

Salam Travel,

N.B Info tempat wisata lain yang terletak di jalan raya Situbondo-Surabaya bisa coba cari info sendiri di mbah google ya. By the way gue ikut lomba foto di instagram loh.