13.6.17

Eksotisme Nan Modern Goa Akbar Tuban

Goa Akbar merupakan salah satu goa unik yang menyajikan keindahan alam namun masih memberikan kesan modern. Kok bisa ? Alasannya karena goa akbar ini terletak persis di belakang pasar baru kota Tuban. Dibalik hiruk-pikuk kegiatan pasar ternyata menyimpan keindahan tersendiri dibaliknya. 

Nama goa akbar sendiri berasal dari 2 versi berbeda. Pertama : terdapat pohon besar yaitu pohon abar di depan goa ini, dan kedua saat Sunan Bonang melihat keindahan goa ini terucap "Allahu Akbar". Dua versi berbeda hingga akhirnya dicetuskan nama goa akbar.

Gerbang pintu masuk kawasan goa
Untuk lebih tepatnya, goa akbar ini terletak di jalan Gajahmada (jalan raya Surabaya-Semarang). Cukup mudah diakses kok sobat cireng. Jika sobat cireng menggunakan bis jurusan Surabaya-Semarang tinggal turun persis di depan pasar baru Tuban. Sebaliknya jika sobat cireng naik bis dari Semarang ke Surabaya turunlah di alun-alun Tuban. Dari situ tinggal jalan ke Selatan sekitar 200 meter, bisa juga naik becak dengan harga 10 ribu atau naik lyn A warna kuning dengan harga 5 ribu.

Pasar baru Tuban
Kesan pertama gue gak nyangka bahwa ada goa di dekat pasar ini. Waktu buka google map pun, masih menunjuk arah yang sama yaitu belakang pasar. Dari jalan raya gue jalan blusukan ke dalam pasar sekitar 50 meter, barulah terlihat tulisan pintu masuk goa akbar. Tiket masuk hanya 5 ribu rupiah per orang. 

Mulut goa akbar
Dari pintu masuk terdapat kebun binatang mini yang membelah jalan masuk dan keluar. Setelah melewati jalan masuk yang rindang sambil melihat hewan-hewan, barulah terdapat pintu masuk ke goa yang menjorok ke bawah. Goa akbar ini termasuk gelap. "Ya iyalah semua goa gelap, kalo gak gelap bukan goa namanya". Maksud gue dibandingkan dengan goa-goa wisata lainnya karena pencahayaannya kurang, dan lagi belum banyak spot staglamit atau staglatit yang menawan. Dengan lampu remang-remang gue berusaha untuk mengabadikan goa akbar ini. Apalah daya banyak foto dan video yang gelap total.

Paseban Agung Para Wali
Yang unik di dalam goa ada Paseban Agung Para Wali dekat dengan pintu keluar goa. Goa akbar ini juga perlu diapresiasi kok. Soalnya sudah ada tempat istirahat di dalam goa dan ada pula di sekitar mulut goa. Juga goa akbar ini diberi pegangan dari besi sebagai petunjuk jalan dan pegangan saat jalan licin. Kawasan goa akbar ini pun banyak terdapat relief ukiran yang menunjukan Wali Songo.


Panasnya goa akbar
Setelah menyusuri goa akbar sekitar 1 jam, saat keluar akan disambut dengan cinderamata, seperti baju, topi bahkan oleh-oleh khas Tuban. Jangan lupa bawa oleh-oleh buat yang di rumah. Well guys and girls, jadi kapan mau ke goa akbar : goa eksotis nan modern di tengah kota Tuban.

More selfie

Video Goa Akbar

Penilaian

Akomodasi (transport & akses jalan)  ðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸ
Suasana (keindahan tempat)               🌟🌟⭐⭐⭐
Harga (tiket masuk & parkir)                ðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸðŸŒŸ⭐
Fasilitas (hal yang menunjang)           🌟🌟🌟⭐⭐

Salam Travel,

"Sebenarnya ini pengalaman gue bulan Maret 2017 kemarin jadi ceritanya agak pendek soalnya agak-agak lupa. Hanya bisa cerita garis besarnya aja. Tapi jangan lupa terus kunjungi cinoireng.blogspot.com. Oke ?"