26.11.17

Spot Eksis Bukit Songgong Indah (BSI)

Bukit Songgong atau nama lainnya Bukit Ngroto terletak di dusun Ngroto, desa Margopatut, kecamatan Sawahan, kabupaten Nganjuk. Destinasi ini merupakan salah satu destinasi wisata yang masih dikembangkan. Memang dikarenakan lokasinya yang jauh dari jalan raya kurang lebih 4 km. Meskipun begitu obyek ini sedang eksis di kalangan pecinta selfie karena saat berada di atas bukit, sobat cireng akan disuguhi pemandangan kabupaten Nganjuk dan lereng gunung Wilis secara bersamaan. Pemandangan inilah yang menggoda wisatawan sekalian dan menjadikan sobat cireng betah berada disini.

Udah keren gak nih ?
Jujur gue ya...... agak sulit memang menemukan tempat ini, perlu sering tanya-tanya kepada penduduk sekitar. Meskipun sudah buka google maps pun, sinyalnya kurang kuat jadi sering putus-putus maklum soalnya daerah pinggiran. Jadi dari arah kota Nganjuk, ikutilah arah menuju kecamatan Sawahan atau biasanya jalan raya Sedudo. Pertengahan jalan menuju air terjun Sedudo sebelah kiri nantinya akan ada petunjuk jalan menuju SMPN 1 Sawahan, itulah jalan masuk menuju Bukit Songgong Indah (BSI). Sebenernya hanya ada satu jalan aspal menuju BSI, tapi terkadang juga ada jalan bercabang, jadi jangan ragu bertanya saat berada di persimpangan. Perlu ekstra sabar, soalnya jalannya rusak (batu-batu) dan menanjak. Selama perjalanan gue kepengin berhenti dan balik arah aje..... Untungnya dengan niat dan keteguhan hati gue lanjutkan perjalanan. Sesekali dalam pikiran gue, mau kasih nilai berapa nih untuk jalanan ini di blog gue ??? Haha..... Sesampainya di simpang 4 ada dua jalan yang bisa diambil. Jika lurus jalannya berupa aspal, terus mengikuti tanda panah sobat cireng akan sampai di jalan berbatu menanjak dan pos pengecekan karcis. Jika belok ke arah kanan (jalanan masih berupa tanah) maka akan tembus di belakang warung atas BSI. Jalan yang kedua belum sempat gue coba, soalnya baru dapat info dari warga setempat.

Panasnya minta ampun.....huh...hah....
Karcis masuk ditarik Rp. 5.000 / orang sudah termasuk parkir. Pos bawah itu masih belum letak tempat wisatanya, sobat cireng masih harus menanjak lagi ke atas dengan jalanan batu-batu. Jika dirasa kurang kuat maka sobat cireng bisa memarkir kendaraan di pos bawah dan naik ojek ke atas. Tetapi gue mencoba untuk naik sendiri, untungnya sepeda motor gue masih kuat hehe..... Sobat cireng bisa memarkir kendaraan di depan warung. Waktu kemarin hari Minggu kesana sepi banget.... hanya gue seorang pengunjungnya. Gue pikir di BSI ini ramai pengunjung, ternyata serasa bukit pribadi haha... 

Pertama gue keliling dan mengambil foto sana-sini. Puas banget bisa selfie dan foto sana-sini tanpa diganggu pemandangan orang lain. Setelah puas gue istirahat sejenak, disini disediakan semacam tempat duduk yang teduh. Spot yang menarik selain batu-batu yang ditata yaitu spot bendera merah putih yang berdiri tegak dengan pemandangan kabupatan Nganjuk dan lereng gunung Wilis. Mantap rek !!!

Hormat grak....
Jika mau bersantai karena cuaca panas, bisa nongkrong di warung. Meskipun hanya warung kecil-kecilan disini disediakan es sachet dan mie instant. Setelah puas mengambil foto pun gue juga sempat mampir ke warung ini. Sempat ngobrol dengan pemilik warung juga. 

BSI ini merupakan perkebunan yang diolah ditanami teh dan cengkeh namun berkembang hingga ditanami durian dan rambutan. Batu-batu ditata sedemikian rupa membentuk seperti sengkedan agar tanah tidak longsor. Pemilik warung ini ternyata rumahnya juga sekitar pertigaan Sawahan (jalan raya sebelum berbelok ke BSI). Waktu ditanya mengenai jalan yang rusak, dia menjawab bahwa jalan tersebut sering dilewati oleh truk yang dimuati tanah yang nanti digunakan oleh proyek jalan tol.


Tak terasa waktu sudah sore, gue pun pamit pulang soalnya takut kesorean sampai di kota Nganjuk. Perjalanan pulang pun terasa lebih enteng karena jelas banyak jalan yang turun daripada nanjak. Kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan yang ditempuh dari BSI menuju kota. Destinasi wisata ini memang lagi hits namun jalan yang ditempuh membutuhkan perjuangan. Akhir kata nih dari gue, harap siapkan mental dan fisik sebelum berangkat kesini ya guys.....

Foto sek ala Supermodel...

Penilaian 

Akomodasi (transport & akses jalan)
💎💣💣💣💣
Suasana (keindahan tempat)          
💎💎💎💎🌟
Harga (tiket masuk & parkir)            
💎💎💎💎🌟
Fasilitas (hal yang menunjang)      
💎💎💎🌟🌟

Total : 64/100



💎 : 5 point
🔮 : 3 point
🌟 : 1 point
💣 : 0 point

Salam Travel,